Tuesday, August 23, 2016

dalil tentang dzikir khafi

Dalil tentang dzikir khafi
Dzikir khafi merupakan salah satu amalan selain dzikir Laa Ilaaha illallah. Dzikir khafi dikenal juga dengan nama dzikir ismu dzat dimana qolbu kita dilatih agar terus berdzikir dimanapun dan tidak lupa sedetikpun.

Di bawah ini merupakan Dalil Tentang Dzikir Khafi :

  1. "Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berhubungan dengan manusia melalui qalbunya".(QS. 8:24)

  2. "Orang - orang kafir berkata : "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (Mukzizat) dari Tuhannya ? Katakan, sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk orang - orang yang bertaubat kepada-Nya (yaitu) Orang - orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram (tenang) dengan dzikrullah (mengingat allah), ingatlah hanya dengan dzikrullah (mengingat Allah) hati menjadi tenteram." (Q.S. Ar-Ra'd ayat 27-28)

  3. Rasullah SAW bersabda yang artinya :

    "Wahai hambaku, inginkah aku ajarkan beberapa kalimat yang allah akan memberikan manfaat karenanya kepadamu, sahabat menjawab ya ingin wahai Rasulllah SAW. Jagalah Allah(dengan mengingatnya) maka Allah akan menjagamu (dengan rahmat-NYA), Jagalah Allah(dengan mengingatnya) maka Allah akan membimbingmu" (HR. Ibnu Abbas r.a) (Kitab Thoharoh al-Qulub halaman 122)

  4. Mushonif ibnu Abi Syaibah meriwatkan sabda Rasullah Saw :

    Tidak ada seorang pun dari anak adam, melainkan pada qalbunya ada dua rumah. Di dalam satu dari keduanya dihuni malaikat, sedang yang lainnya dihuni syetan. Maka apabila ia berdzikir kepada Allah SWT, syetan akan menyelinap pergi, dan apabila ia tidak melakukan dzikir, maka syetan meletakkan moncong mulutnya di dalam qalbu manusia kemudian membisikan pengaruhnya.

  5. Ibnu Abbas r.a, mengungkapkan :

    Syetan itu mendekam di qalbu Bani Adam (manusia), maka jika ia (manusia) lupa dan lalai (dari dzikir kepada Allah SWT), syetan itu membisik-bisikan pengaruh buruknya, tetapi jika manusia berdzikir, maka syetan pun pergi tergesa-gesa.

  6. " Tidak ada sesuatu amal pun yang dapat menyelamatkan seseorang kecuali dengan banyak melakukan dzikir kepada Allah Azza Wajalla". (H.R Thabrani dari Mu'ad dan Abi Syaibah"

  7. Ciri cinta kepada Allah senang cinta Dzikrullah, Ciri benci kepada allah benci dzikir kepada-Nya" (HR. Baihaqi dari Anas)
Baca Juga
- Artikel tentang dzikir

No comments: