Friday, August 4, 2017

Dalil shalat sunnah syukrul wudlu


Dalil tentang Shalat Sunnah Syukrul Wudlu

Shalat Sunnah Syukrul Wudlu merupakan shalat sunnah yang dikerjakan sehabis wudlu. Shalat sunnah Syukrul Wudlu ini salah satu kebiasaan shalat sunnah yang dilaksanakan oleh para ikhwan TQN Suryalaya.

Jumlah rakaat Shalat Sunnah Syukrul Wudlu adalah 2 rakaat.

Niat Shalat Sunnah Syukrul Wudlu :



Surat yang dibaca setiap sehabis Al-Fatihah : Rakaat pertama Surat Al-Kafirun., Rakaat kedua Surat Al-Ikhlash.

Di bawah ini merupakan Dalil Al-Quran mengenai Shalat Sunnah Syukrul Wudlu :
  • Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” ( QS. Al-Baqarah : 222 )
Di bawah ini merupakan Dalil Hadits mengenai Shalat Sunnah Syukrul Wudlu :
  • Nabi Muhammad SAW Bersabda :

    Waktu aku masuk surga, aku melihat Bilal di dalamnya. Aku bertanya kepadanya: Apa sebabnya engkau lebih dulu masuk surga sebelum aku? Jawab Bilal: Aku tidak tahu sebab-sebabnya. Tetapi aku membiasakan diri setiap kali habis berwudlu kemudian sholat syukrul Wudlu 2 rokaat. Dan setiap selesai azan, aku shalat 2 rokaat pula"

  • Nabi Muhammad SAW Bersabda :

    Barang siapa yang berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya dengan bershalat dua raka’at dengan sepenuh hati dan wajahnya, maka diwajibkan baginya masuk Sorga.”. ( Hadist ini terdapat dan dikutip dari buku “ Rahasia Shalat Sunnat “ oleh : Abdul Manan bin H. Moh. Sobari, hal : 72)
Baca juga
- Dalil-Dalil Ilmu Fiqih

No comments: