Sunday, August 6, 2017

dalil shalat sunnah tahiyatul masjid


Dalil tentang Shalat sunnah tahiyatul masjid

Shalat sunnah Tahiyatul masjid adalah Shalat Sunnah untuk menghormati Masjid. Shalat Ini dilakukan sebelum kita duduk di masjid. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ibarat memberikan salam kepada Masjid seperti kita mengucapkan salam kepada sesama muslim ketika bertemu. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat.

Shalat Sunnah Tahiyatul masjid merupakan salah satu amalan shalat sunnah yang selalu dilaksanakan oleh ikhwan TQN Suryalaya setiap hari.


Niat Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid :




Artinya : Saya niat Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid 2 rakaat karena Allah SWT


Dibawah ini merupakan Dalil Hadits mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid :

  • Dari Abu Qatadah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

    Jika salah seorang dari kalian. Masuk masjid , maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. " ( Hr Al bukhari dan Muslim)

  • Jabir bin Abdillah –radhiyallahu ‘anhu– berkata,

    Artinya,“Sulaik Al-Ghathafani datang pada hari Jum’at, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berkhutbah, dia pun duduk. Maka beliau langsung bertanya padanya, “Wahai Sulaik, bangun dan shalatlah dua raka’at, kerjakanlah dengan ringan.”

    Kemudian beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jum’at, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka hendaklah dia shalat dua raka’at, dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan.” (HR. Al-Bukhari no. 49 dan Muslim no. 875)

No comments: